Recent Posts

    Apa itu Virus Corona, Asal Mula, dan Penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona (COVID-19)

    Selamat datang kembali sama admin cararudi, pada kesempatan kali ini Saya akan membahas mengenai Virus Corona (Covid-19) yang baru-baru ini telah membuat dunia mengalami keadaan berhati-hati.

    Apa itu Virus? menurut Wikipedia Virus adalah mikro organisme patogen yang menginfeksi sel pada suatu makhluk hidup. Virus hanya dapat bermukim di dalam sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan seluler untuk bereproduksi sendiri. Semua bentuk kehidupan dapat diinfeksi oleh virus, mulai dari tumbuhan, hewan hingga bakteri.

    Apa itu Virus Corona, Asal Mula, dan Penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona (COVID-19)
    Foto: Getty Images/iStockphoto/Samara

    Asal Mula Virus Corona 

    Pada awalnya menurut beberapa sumber yang telah beredar, Covid-19 atau Corona pertama kali telah muncul di kota Wuhan pada 20 Januari 2020. Tiga orang tewas setelah menderita pneumonia yang disebabkan oleh virus tersebut.

    Dikutip dari Asian Nikkei Review, berita tersebut langsung meresahkan warga Tiongkok yang segera akan melakukan perjalanan pulang untuk merayakan Tahun Baru Imlek pada 25 Januari 2020. Virus ini terasa semakin menakutkan bagi warga Tiongkok karena berkaitan dengan virus sebelumnya yakni Sindrom Pernapasan Akut Berat (SARS) yang pernah menewaskan hampir 650 orang di Tiongkok dan Hong Kong pada tahun 2003 dan 2002.

    Virus corona jenis baru ini tengah menyerang masyarakat dunia pada waktu ini dalam istilah kedokteran disebut sebagai 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV). Dilansir dari Center for Disease Control and Prevention, cdc.gov, virus corona merupakan jenis virus yang diidentifikasi sebagai penyebab salah satu penyakit pada saluran pernapasan, yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Tiongkok.

    Baca Juga: 16 Manfaat & Khasiat Buah Naga Untuk Kecantikan dan Kesehatan

    Virus tersebut diketahui pertama kali terdeteksi muncul di pasar hewan, dan makanan Extreme di Kota Wuhan. Kemudian dilaporkan bahwa banyak pasien yang telah menderita virus ini dan ternyata terkait pada pasar hewan dan makanan laut tersebut. Orang pertama yang terdeteksi sakit pada pasar itu juga merupakan penjual hewan dan makanan di Wuhan.

    Cara Hidup Virus Corona (Covid-19)

    Dikutip dari Amin Soebandrio mengenai cara hidup virus tersebut serta penularan yang telah terjadi di seluruh dunia, termasuk indonesia. Amin mengatakan bahwa virus tersebut sifatnya memang hidup di saluran pernapasan.

    "Ada yang hidup di saluran cerna, tapi umumnya saluran pernafasan," kata Amin dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) di tvOne, pada Selasa (3/3/2020).

    Bapak Amin juga mengatakan, virus itu tidak dapat hidup sendiri. Untuk selalu hidup dan berkembang biak virus tersebut membutuhkan sel untuk hidup.

    "Kalau bakteri, cemplungkan di air sirup dengan ukuran yang sesuai, dia bisa tumbuh. Virus dia butuh zat hidup," lanjutan perkataan beliau.

    Amin melanjutkan bahwa ketika virus corona dilemparkan keluar seperti bersin atau batuk dari mulut atau hidung seseorang, dia tidak terbang jauh. Dari berbagai laporan yang ada, virus corona paling jauh terbang 2 meter, atau juga kurang dari 1,8 meter.

    Gejala yang disebabkan oleh Corona Virus

    Sebenarnya ciri-ciri umum yang terjadi jika seseorang terjangkit oleh Virus itu memiliki suhu tubuh yang sangat tinggi, flu, batuk dan sesak napas. Namun selain itu ada juga loh gejala lain yang disebabkan oleh Corona Virus. Apa sajakah? Yuk simak baik-baik.

    #1 Hari 1

    Pasien dari Covid-19 pada hari pertama pada umumnya mengalami flu biasa, batuk, demam, otot merasa lelah, diare, serta mual yang terjadi pada satu hingga dua hari sebelumnya

    #2 Hari ke 4-5

    Menurut beberapa sumber, pada hari ini pasien akan mengalami gejala berat seperti kesulitan bernapas. Pada beberapa pasien yang mempunyai riwayat penyakit sebelumnya, akan sangat merasakan gejala tersebut.

    #3 Hari 7-8

    Dengan gejala kondisi virus corona yang semakin buruk, Pasien seharusnya harus mulai ke rumah sakit sebelum virus tersebut menyebar ke orang terdekat. Sekitar 15 persen dari kasus infeksi virus corona, pasien itu mengalami gangguan pernapasan akut keras akibat cairan yang masuk ke paru-paru.

    #4 Hari ke 10 - 17

    Pada hari yang lama, gejala berat yang telah terinfeksi virus tersebut semakin parah, sehingga pasien masuk perawatan itensif. Pasien dengan gejala berat biasanya merasakan sakit di bagian abdominal. Jika pasien tersebut mendapat perawatan intensif maka sistem imun pasien biasanya akan membaik untuk melawan virus covid-19.

    Istilah & Struktur Corona Virus

    Dilansir dari Wikipedia bahwa, Nama koronavirus berasal dari bahasa Latin corona dan bahasa Yunani κορώνη (korṓnē, "lingkaran, untaian"), yang berarti mahkota atau lingkaran cahaya. Namanya mengacu pada penampilan karakteristik virion (bentuk infektif virus) dalam mikroskop elektron, yang memproyeksikan pinggiran permukaan virus yang besar dan bulat yang menghasilkan gambar yang mengingatkan pada mahkota atau korona matahari. Morfologi ini diciptakan oleh peplomer tonjolan protein permukaan virus (S), yang menentukan tropisme inang.

    Protein yang menyusun struktur koronavirus yaitu protein tonjolan (spike) (S), amplop (E), membran (M), dan nukleokapsid (N). Khusus pada virus SARS, letak pengikatan reseptor pada protein S memediasi perlekatan virus ke reseptor sel inangnya yaitu, enzim pengubah angiotensin (ACE2). Beberapa koronavirus (khususnya anggota Betacoronavirus garis keturunan A) juga memiliki tonjolan protein pendek yang disebut hemaglutinin esterase (HE).

    Penutup 

    Kita semua harus lebih waspada dan selalu menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari kontak fisik dengan seseorang, mencuci tangan sebelum makan dan jangan keluar rumah jika tidak ada kepentingan. Surat edaran dari pemerintah telah menyatakan bahwa semua kegiatan khususnya sekolah diliburkan hingga 31 Maret maka dari itu kita harus memanfaatkannya dan jangan keluyuran.

    Demikian informasi mengenai Apa itu Virus Corona, Asal Mula, dan Penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona (COVID-19) semoga kita semua terhindar dari segala jenis penyakit atau virus yang ada, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman ya.

    Sumber Artikel: Berbagai Sumber.

    Belum ada Komentar untuk "Apa itu Virus Corona, Asal Mula, dan Penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona (COVID-19)"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel